My Photo
Name:
Location: DKI Jakarta, Indonesia

Saturday, April 19, 2008

Kesadaran Bersedekah Makin Tinggi

Jakarta, Kompas - Juli 2004

Tidak seperti pajak, kesadaran membayar zakat, infak, dan sedekah masyarakat terus meningkat. Pembayarannya pun semakin beragam caranya, mulai dari pembayaran di loket, melalui internet, hingga fasilitas pengiriman pesan singkat.

Kepala Badan Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah (Bazis) DKI Jakarta HM Sukanta AS di Jakarta, Kamis (27/10), menyatakan zakat mal (harta) meningkat dari tahun ke tahun terutama di bulan Ramadhan. Tahun 2003 Rp 14,3 miliar, tahun 2004 Rp 16,2 miliar, dan tahun 2005 ditargetkan Rp 20 miliar. ”Potensi di Jakarta bisa mencapai Rp 100 miliar per tahun,” katanya.

Peningkatan pembayaran zakat, infak, dan sedekah juga terjadi pada lembaga amil zakat masyarakat, seperti Dompet Dhuafa Republika. General Manager Fund Raising Dompet Dhuafa Republika Muhamad Arifin Purwakananta mengatakan, dana yang dikelola tiap tahun naik 45 persen. Tahun lalu Rp 32 miliar dan tahun ini ditargetkan Rp 36 miliar. ”Dari bulan Ramadhan kami targetkan Rp 12 miliar,” katanya.

Selain Dompet Dhuafa, Dompet Peduli Umat Daarut Tauhid juga memanfaatkan keberadaan hipermarket sebagai sarana bagi masyarakat untuk membayar zakat, infak, dan sedekah.

Mendayagunakan zakat

Penyaluran zakat seyogianya tidak hanya berupa santunan, tetapi, menurut Muhamad, untuk kegiatan strategis. Dompet Dhuafa memanfaatkannya untuk membangun layanan kesehatan cuma-cuma di Ciputat, gerai-gerai sehat, sekolah gratis, dan kredit mikro. Sementara BAZIS untuk membantu masjid, fakir miskin, beasiswa, dan pemberdayaan ekonomi kecil. (AMR/DAY)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home